Untukmu yang Masih Belum Bisa Move On #2

C7GPW2 A woman walking in the country carrying a suitcase. Image shot 2011. Exact date unknown.
let it go 🙂

      Yaelah galau lagi galau lagi. Gak bisa move on gak bisa move on lagi. Hello, ini sudah tahun berapa ya? Masih aja galau. Dasar manusia baper sedunia. Eits.. pernah nggak sih kalian diledekin gitu sama teman-teman kalian. Mereka itu sok tahu banget ya, orang yang jalanin hidup kamu ngapain sih mereka ikutan berkomentar. Sebel. Iya, tentu sebel lah. Ehm.. sebentar, jadi sebenarnya kamu sudah move on apa belum sih?

“Mereka itu nggak tahu gimana sakitnya kamu, dan usaha apa aja yang sudah kamu lakuin untuk bisa move on. Selow aja, nggak usah marah kalau diledekin gak bisa move on”

            Tenang, santai dan tetap bahagia. Saya tidak akan ikut-ikutan ngledekin kamu-kamu yang masih belum mau beranjak dari kenangan bersama mantan. Saya hanya akan mengajak kamu untuk berpikir sejenak. Berpikir bagaimana supaya kamu bisa terselamatkan dari bayang-bayang kenangan :D. Sebelumnya kamu harus bisa jawab pertanyaan ini dulu.

            Apa yang membuatmu belum bisa move on?

  1. Masih sayang dan cinta
  2. Takut sendirian
  3. Nggak mau jadi jomblo bullyable

Semua jawaban benar!. Selamat kamu MAGAMON aka Manusia Gagal Move On sedunia. Hello, kamu nggak move on itu cuma gara-gara tiga hal itu aja? Coba deh ya dipikir lagi. Kamu rela sakit gitu, nahan sakit terus menerus? Biasanya orang-orang yang susah move on itu orang yang ditinggal pergi alias diputus. Kalau memang begitu kasusnya seharusnya kamu lebih mudah move on dong. Secara kamu ditinggalin gitu, ya udah berarti dia memang sudah nggak cinta kamu, sudah nggak mau bersama kamu lagi. TITIK!. Jangan pernah mengejar orang yang memang sengaja lari dari kamu. Untuk bisa move on kamu harus paham ini betul. Saya ulangi ya, dia yang milih pergi ninggalin kamu. Jadi nggak usahlah kepikiran buat ngejar dia.

“it’s painful to say goodbye to someone you don’t want to let go. But it’s more painful to ask someone to stay when you know they want to leave”

Nah lho.. kamu tahu kalau berpisah dengan orang kamu sayangi itu sakit, tapi kamu jauh lebih tahu kalau dia itu pengen pergi dari kamu, lha kenapa  kamu masih aja ngeyel buat nahan dia pergi?  Kalaupun dia tidak jadi pergi karena kamu tahan, yakin dia masih ada cinta? Bisa aja kan ya dia cuma kasian sama kamu. Kamu mau dikasihani gitu?. Ayo coba pikirkan ini. Setelah kamu sadar bahwa dia ninggalin kamu, lupakan jauh-jauh niat untuk mengejar dia. Saatnya fokus mengobati lukamu, saatnya fokus pada dirimu sendiri.

“dia yang telah menorehkan luka dihatimu tidak layak terus-terusan kamu pikirkan”

            Pelan-pelan saja. Jangan terburu-buru melupakan atau bahkan punya niatan menghapus semua kenangan bersama mantan. Dijamin proses move on mu bakalan tambah lama. Kalau ada yang ngledekin kamu kenapa belum juga move on, santai aja mereka juga juga bakal galau pada waktunya. Namanya juga patah hati, ya pasti sakitlah ya. Nah, sakit itu perlu diobati. Masalahnya, didunia ini tidak ada orang yang suka dengan obat. Dimana-mana obat itu rasanya pahit, apalagi kalau ternyata obatnya harus dimasukkan melalui jarum suntik. Sakitnya dobel tapi obat dan suntik itu sakit yang menyembuhkan.

            Fokus sama dirimu sendiri, dan lakukan hal-hal yang bisa membuatmu bahagia. Shopping, ngumpul bareng teman, mengejar impian-impianmu yang mungkin belum tercapai, dan jangan pernah menyalahkan dirimu sendiri atas apa yang sudah terjadi. Untuk bisa move on, kamu bisa melakukan ini :

Memaafkan diri sendiri

Iya untuk bisa bangkit dari keterpurukan paska ditinggal dia, kamu harus memaafkan dirimu sendiri. Jangan menyalahkan diri sendiri atas perpisahan yang telah terjadi. Ketahui apa penyebab kandasnya hubungan kalian, kalau ternyata kamu sudah do the best tapi dia tetap pergi ninggalin kamu, yaudah selesai. Berarti masalah ada di dia. Tapi kalau ternyata ada sesuatu yang kurang dari kamu, segera perbaiki tapi ingat jangan pernah mengejar dia yang telah sengaja pergi dari kamu : ) .

Berkumpul dengan teman se-gengs mu

Peran teman paska kamu putus memang sangat besar. Kadang mereka-mereka yang biasa nggak kamu perhatikan karena kamu lebih milih merhatiin pacarmu justru merekalah yang selalu ada buat kamu. Coba luangkan waktu untuk bersama dengan mereka, curhat kegalauanmu juga nggak masalah. Mungkin kamu bakal diketawain sama mereka, tapi justru mereka yang mengetawain kamu didepan itulah sahabat terbaikmu. Jangan marah dulu kalau diketawain atau bahkan diledekin, mereka itu Cuma bercanda kok :D.

Menulis

Iya menulis. Tidak semua orang bisa bercerita kepada orang lain tentang perasaannya. Nah buat kamu yang nggak bisa curhat-curhat gitu, menulislah. Luapkan semua perasaanmu saat kamu menulis. Meskipun menulis tidak memberikan feedback apapun untukmu tapi setidaknya kamu sudah meluapkan segala rasa yang selama ini bikin kamu nyesek.

Membuka Diri

Membuka diri lho ..bukan membuka aurat hehe. Coba lebih open minded dan berkenalan dengan banyak orang baru. Dijamin hidupmu nggak bakalan garing, dan banyak hal baru yang akan kamu dapatkan. Wawasanmu juga akan semakin luas karena bertemu dengan orang-orang baru, pemikiran-pemikiran baru dan ide-ide yang juga baru.

Hubungi Mantan

Lho.. katanya move on, kok malah hubungi mantan?. Silaturahmi itu penting lho ya, jadi jangan mencoba memutuskan silaturahmi. Mungkin kamu butuh waktu yang sedikit lama untuk bisa melakukan ini. Karena saat baru putus, kamu pasti sakit banget jangankan menghubungi mantan kalau bisa mah semua yang berhubungan dengan mantan dibuang jauh-jauh. Tunggu beberapa waktu sampai luka mengering. Tapi ingat jangan BAPER!. Tujuan menghubungi mantan hanya silahturahmi aja, sekedar say hello bukan untuk membahas yang dulu-dulu apalagi berharap bisa balikan. NO. BIG NO!. Balikan itu ibarat kamu ngulang mata kuliah yang nggak lulus disemester pendek, nggak bakal dapat nilai A paling mentok juga B, sekedar lulus aja.

Saatnya Napak Tilas Kenangan.

Ini sedikit EKSTREM sih, sangat tidak disarankan buat kamu-kamu yang baru aja putus. Kunjungi tempat-tempat yang pernah kamu kunjungi bersama mantan, lakukan hal-hal yang biasa kamu lakukan sama mantan, dengerin lagu yang biasa kalian dengerin bersama mantan atau apapun lah yang bisa membuka memorimu bersama mantan. Terkesan nggak ada kerjaan sih ya, tapi kalau kamu berhasil melakukan semuanya dengan BIASA AJA, tanpa drama mellow apalagi nangis lebay. SELAMAT KAMU BERHASIL MOVE ON. Jadi ini cuma sebagai alat ukur aja sih (saya menyebutnya sih gitu), sudah sampai dimana move on kalian. Ucapkan selamat tinggal buat semua itu dan welcome new hello : ).

Ingat move on adalah proses, jadi nggak bisa buru-buru. Jangan jadi manusia munafik yang berlindung dikata-kata bijak agar terlihat kuat. Iya, kamu memang akan terlihat kuat diluar tapi didalam masih nyimpan luka masa lalu. Nah , buat kamu semuanya yang masih galau, yang patah hati semoga cepat move on ya : ). Kalau ada yang ngledekin kamu kenapa nggak move on move on biarin aja, belum tentu yang ngledek kamu itu hatinya udah bersih dari luka karena mantan. Setidaknya kamu jujur pada dirimu sendiri : ). Stay strong gaes 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.